Pages

8 Okt 2012

Kabupaten/Kota Kunci Peningkatan Kualitas Tenaga Ahli


Surabaya --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi negara ekonomi terbesar ke tujuh di dunia. Hal tersebut disampaikan Mendikbud berdasarkan hasil kajian Mc Kinsey Global Institute yang dikeluarkan pada September 2012. Bahwa Indonesia yang sekarang berada di posisi 16, akan naik berada di posisi 7 pada tahun 2030.
Posisi Indonesia tersebut tentu semakin membuat kebutuhan tenaga kerja ahli meningkat. Pendidikan sebagai kata kunci dalam  peningkatan   kualitas  tenaga  kerja akan   semakin    membutuhkan  dukungan yang   besar  dari  semua sektor. Dan kabupaten/kota akan menjadi tumpuan untuk mencetak tenaga kerja ahli tersebut.
"Pendidikan di Kabupaten/kota adalah kuncinya," demikian disampaikan Mendikbud usai menyerahkan trophy penghargaan otonomi award Provinsi Jawa Timur grand  kategori public service  terbaik kepada   Bupati Madiun, di Grand City Surabaya, Sabtu (6/10). Penghargaan  diserahkan  berbarengan dengan penyerahan penghargaan bidang politik dan keuangan bagi kabupaten/kota terbaik di Jawa Timur.
Tidak hanya pendidikan, pergeseran  sosial budaya   masyarakat  desa yang cenderung memilih pindah ke kota juga harus diwaspadai. Mendikbud  mengatakan,  perlu dibuat sistem rekayasa sosial untuk menanggulangi hal tersebut. Karena kalau tidak, justru akan menjadi bencana masyarakat.
"Pergeseran orang yang tinggal dari desa ke perkotaan yang sekarang 53 persen akan menjadi 71 persen. Untuk itu, harus kita siapkan sistem rekayasa sosial budayanya. Kalau tidak, akan menjadi bahaya," katanya.
Acara otonomi awards ini merupakan acara tahunan yang  diselenggarakan oleh  The Jawa Post institute of Pro-Otonomi. Mendikbud  mengapresiasi  kegiatan  ini sebagai  salah satu cara   untuk  membangun budaya apresiatif konstruktif di masa otonomi ini. 
"Kami ingin memberikan penghargaan yang luar biasa kepada Jawa Pos yang ikut membangun budaya apresiatif konstruktif. Budaya ini akan menjadi siklus positif," katanya usai memberikan trophy penghargaan.
Acara ini dihadiri oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menteri PDT Helmi Faisal , Gubernur Jawa Timur Soekarwo, para bupati dan walikota se Jawa Timur.
Sumber:kemdiknas.go.id

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda !

Entri Populer