Pages

14 Nov 2011

Skype Ikut Andil KTT ASEAN Di Bali

Skype adalah perangkat lunak untuk komunikasi lewat internet. Dengan perangkat lunak ini, pengguna bisa mengirimkan pesan dalam bentuk teks, foto, suara, dan video dengan sesama pengguna yang terhubung lewat internet. "Jadi, ini sangat berguna bagi wartawan dari luar negeri," kata Gatot menambahkan.
Berdasarkan pengamatan di media center, sebagian besar komputer dilengkapi dengan perangkat lunak tersebut. Namun, sayangnya tidak semua komputer memiliki kamera sehingga tidak bisa digunakan sebagai alat komunikasi visual.
Pemerintah telah mengalokasikan dana sekitar Rp 18 miliar untuk
pengadaan pusat media massa dan segala fasilitas yang diperlukan di kompleks pelaksanaan KTT ke-19 ASEAN, KTT ASEAN+3, dan KTT ke-6 Asia Timur di Nusa Dua.
Sebelumnya, Gatot mengatakan, dana itu dialokasikan secara terpisah kepada pemenang tender penyediaan fasilitas media center, seperti komputer, jaringan internet, dan ruang konferensi pers.
Sebagian dana itu juga dialokasikan untuk biaya sewa gedung bagi keperluan media center di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) dan ruang pengambilan tanda pengenal wartawan di Hotel Melia. Media Center untuk KTT ASEAN dan KTT terkait berada di Singaraja Hall. Ruangan di lantai tiga BNDCC itu dilengkapi dengan 300 komputer yang tersambung ke jaringan internet untuk memudahkan kerja para wartawan yang meliput.
Bagi para wartawan yang membawa komputer jinjing sendiri, panitia menyediakan jalur khusus dan jaringan nirkabel untuk mereka. Pusat media massa itu juga dilengkapi dengan sejumlah studio mini untuk keperluan penyiaran materi berita dalam bentuk foto, audio, dan video.
Gatot mengatakan, sekitar 1.500 wartawan dari 130 negara telah terdaftar untuk meliput KTT ASEAN dan KTT terkait di Bali. Kementerian Komunikasi dan Informatika membatasi jumlah wartawan hingga 2.000 orang.
"Kami perkirakan kalau sampai 2.000 wartawan di sini, kami juga sudah siap baik dari aspek fasilitas, logistik, dan kenyamanan," kata Gatot. Pembatasan itu, katanya, bukan untuk menghambat hak media massa untuk mendapatkan informasi, tetapi semata-mata karena alasan teknis dan kenyamanan.
Pada prinsipnya, kata Gatot, semua media massa dan masyarakat umum bisa mengakses berita tentang KTT dari sejumlah media massa yang ditunjuk sebagai penyedia berita.
Selain di BNDCC yang menjadi salah satu tempat pelaksanaan KTT ASEAN, KTT ASEAN+3, dan KTT Asia Timur, kegiatan KTT juga akan dilangsungkan di Bali International Convention Center (BICC) yang juga berada di kompleks Nusa Dua.
KTT ke-19 ASEAN akan dihadiri para kepala negara/pemerintahan Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Kepala negara/pemerintahan China, Korea Selatan, dan Jepang juga akan hadir dalam KTT ASEAN+3 dan KTT Asia Timur, sedangkan kepala negara/pemerintahan dari Amerika Serikat, Rusia, Australia, Selandia Baru, dan India hanya akan hadir dalam KTT Asia Timur. Pelaksanaan ketiga KTT itu dipusatkan di Nusa Dua dan akan berakhir pada 19 November 2011.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda !

Entri Populer