Pages

9 Nov 2011

Mengenal Search Engine

Sebelum mengenal istilah SEO dan SERP, sebaiknya kita mengenal dahulu apa yang dinamakan Serach Engine. Serach Engine atau disingkat SE atau dalam istilah Bahasa Indonesia adalah Mesin Pencari.
Jadi Search Engine atau mesin pencari ini adalah tergolong web services atau tool layanan web yang dipakai buat mencari segala informasi data yang tersebar di internet. Sebuah search engine memiliki sebuah gudang data yang amat besar, yang didalamnya jutaan informasi dari berbagai sumber, dari web site, blog maupun dari server mana saja yang telah
didaftarkan pada search engine tersebut. 
Disebut mesin karena SE memiliki sistem dalam bentuk program yang dapat melayani semua permintaan penggunanya, sistem yang dimiliki SE dapat mengaduk-aduk secara cepat data yang ada di database (gudang data), kemudian dengan cepat pula melaporkan untuk ditampilkan kepada peminta atau kepada yang mencari data.
Berikut penulis tampilkan mesin pencari yang sangat populer saat ini, yakni :
1. Google.com (www.google.com)
2. Yahoo.com (www.yahoo.com)
3. Bing.com (www.bing.com)
4. Baidu.com (www.baidu.com)
5. Ask.com (www.ask.com)
6. Technorati.com (www.technorati.com)


Penulis akan coba uraikan satu persatu, sebagai berikut :


1. 1. Google.Com (www.google.com)


Google adalah mesin pencari otomatis yang menggunakan software yang dinamakan spiders atau robotnya google. Spider bekerja untuk mencari web secara teratur dan menambah web yang dicarinya ke dalam index database google.
Untuk melihat apakah suatu website sudah masuk atau belum ke dalam daftar index database google, dapat dilakukan dengan cara mengunjungi website google dengan alamat www.google.com, kemudian mengklik pada kotak teks (form pencarian) dengan tulisan "site: (url website)". Misalnya penulis ingin melihat seberapa banyakkah alamat URL website www.wsgabus.blogspot.com yang sudah dibaca oleh database google, maka perintahnya adalah "site:wsgabus.blogspot.com", tulis pada form pencarian tanpa tanda petik, lalu tekan enter. 


1.2. Yahoo.Com (www.yahoo.com)


Yahoo.com adalah mesin pencari yang sangat populer setelah google.com dan bing.com. Yahoo mempunyai mesin pencari yang dinamakan My web2.0, mesin pencari ini melengkapi pencarian web dengan menambahkan komunitas terhadap kata kunci yang dicari tersebut.
Teknologi dari yahoo dinamakan MY Rank, kekuatan my rank adalah selain menemukan halaman-halaman yang dicari juga menemukan suatu komunitas terhadap orang yang mempunyai minat yang sama terhadap kata kunci yang dicari tersebut, sehingga akan dapat menimbulkan suatu komunitas.
1.3. Bing.com 
Bing.com merupakan search engine yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi diluncurkan pada tanggal 3 Juni 2009 dan menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search.
Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni teknologi PowerSet. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagihistoris pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook, dan E-mail.
Bing mengelompokan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu :

  1. Web untuk pencarian halaman situs atau website.
  2. Image untuk pencarian gambar.
  3. News untuk pencarian berita.
  4. Rank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
1.4. Mesin Pencari Lainnya
Berikut beberapa Search Engine lain yang perlu untuk diketahui, untuk menambah pengetahuan, yaitu :
  • Baidu.com (www.baidu.com) yaitu mesin pencari yang berasal dari Cina yang saat ini menjadi pesaing berat bagi google di Cina.
  • Ask.com (www.ask.com) mesin pencari ini disebut juga Jeeves yang didirikan pada tahun 1996.
  • Technorati.com (www.technorati.com) yaitu search engine yang mengkhususkan pada blog, saat ini sudah jutaan blog yang terdaftar di technorati. Sebagai komunitas yang besar, technorati bisa menjadi salah satu sumber untuk mendapatkan pengunjung. Karena itu sangat beralasan bagi kita untuk mendaftarkan blog yang kita buat pada technorati. Disamping untuk menjaring pengunjung, technorati juga bisa dijadikan alat untuk mencari link dari blog-blog lain yang mempunyai tema yang sama.








0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar Anda !

Entri Populer