Sudah Ane tambahkan sampai hitungan ke 1000 berikut kedudukan I'rab 'Adad dalam kalimat.
Kaidah Hitungan Dalam Bahasa Arab (‘Adad & M’adud)
Bilangan dalam bahasa arab disebut ‘Adad عدد dan yang dibilang disebut M’adud معدود
بسم الله الرّحمٰن الرّحيم
Pertama: Hitungan angka 1 & 2
Aturanya:
‘Adad dan Ma’dudnya harus sesuai dari segi Mudzakar dan Muannatsnya.
Contoh mudzakar:
طَالِبٌ وَاحِدٌ
Satu orang siswa
طَالِبَانِ اثْنَان
Dua orang siswa
Contoh Muannats:
طَالِبَةٌ وَاحِدَة
Satu orang siswa
طَالِبَتَانِ اثْنَتَان
Dua orang siswa
Kedua: Hitungan angka 3-10
Aturanya:
a. ‘Adad dan Ma’dudnya harus berlawanan dari segi mudzakar dan muannats
b. Ma’dudnya harus dirubah kedalam bentuk jamak dan kemudian diberi harokat jar dan bertanwin (jika tidak terdapat ال ) sebab kedudukanya menjadi mudhof ilaihi
c. Harokat ‘Adad (rafa,nasab,jar) kondisional sesuai kedudukanya.
Contoh:
ثَلاَثَةُ طُلاَّبٍ
3 siswa
ثَلاَثُ طَالِبَاتٍ
3 siswi
Keterangan: khusus dalam bilangan angka 8 terdapat 3 bentuk terkait huruf ي dalam ‘Adadnya.
a. Jika diidofatkan, huruf ي tetap ada tertulis contoh:
ثَمَانِي طَالِبَاتٍ / ثماني نساءٍ
b. Jika tidak diidhofatkan dan M’adudnya mudzakar, maka huruf ي tetep ada tertulis
Contoh:
لَعِبَ مِنَ الأَصْحَابِ ثَمَانِيَةٌ
c. Jika tidak diidhofatkan dan M’adudnya muannnats, maka huruf ي tetap ada ditulis untuk keadaan nasab lalu untuk keadaan rafa dan jar harus dibuang.
– Contoh keadaan nasab:
رَأَيْتُ مِنَ الطالبَاتِ ثَمانِيًا
– Contoh keadaan rafa:
ذَهَبَتْ من الطالبَاتِ ثَمَانٍ
– Contoh keadaan Jar:
مَرَرْتُ بِثَمَانٍ مِنَ الطالباتِ
Ketiga: Bilangan 11 & 12
Aturanya:
a. ‘Adad dengan Ma’dudnya harus sama dari segi mudzakar dan muannats
b. Harokat ‘Adad/angka pertama dan kedua harus nasab (fathah)sebagai apapun kedudukanya karena mabni kecuali harokat angka pertama dalam hitungan 12 ( yaitu angka 2 mengikuti hukum mutsana)
c. Ma’dudnya harus mufrod dan nasab sebagai Tamyiz
Contoh:َ
جاء أَحَدَ عَشَرَ طَالِبًا
Sebelas siswa telah datang
ًإِحْدَى عَشْرَةَ طَالِبَة
Sebelas siswi
اثْنَا عَشَرَ طَالِبًا
Duabelas siswa
اثْنَتَا عَشْرَةَ طَالِبَةً
Duabelas siswi
Keempat: Bilangan 13 sampai 19
Aturanya:
Angka pertama harus kontradiksi dengan Ma’dudnya dari segi mudzakar dan muannats
Contoh:
ثَلاَثَةَ عَشَرَ طَالِبًا
Tiga belas siswa
ثَلاَثَ عَشْرَةَ طالبة
Tiga belas siswi
Angka 3 dalam contoh ke1 dan 2 berlawanan dengan Ma’dudnya yaitu طَالِبًا dan طالبة Adapun angka عشرة mengikuti طَالِبًا dan طالبة
Kelima: Bilangan 20, 30,40,50,60 sampai 90 (puluhan)
Aturanya:
a. Contoh bilangan puluhan
Untuk Rafa:
عِشْرُوْنَ، ثلاثون, أربعون، خمسون، ستون، سبعون، ثمانون، تسعون
Untuk Nashab dan Jar:
عشرين، ثلاثين، أربعين، خمسين، dsb
b. Ma’dudnya harus mufrad dan nasab sebagai Tamyiz
Contoh:
جاء ثلَاَثُوْنَ طَالِبًا
Telah datang 30 siswa
رأيت ثلاثين طالبا
Saya melihat 30 siswa
Perhatikan kata طالبا Mufrod dan Nashab sebagai Tamyiz dari 'Adad puluhan.
c. Setiap bilangan puluhan jika di Athofkan dengan angka 1 dan 2 seperti 21.22. 31,32,41,42 dst
Maka aturanya angka 1&2 harus sama dengan Ma’dudnya dr segi mudzakar dan muannast seperti dalam hitungan 11 dan 12
Contoh:
21 siswa وَاحِد وعشرون طالبا
21 siswi ًاحدى و عشرون طالبة
22 siswa اثنان وعشرون طالبا
22 siswi ًاثنتان وعشرون طالبة
d. Setiap bilangan puluhan jika di Athofkan dengan angka 3 sampai 9 seperti 33,34,35 dst. Aturanya angka tersebut harus berlawanan dengan Ma’dudnya dr segi mudzakar dan muannas
Contoh:
ثَلاَثَة وَعِشْرُوْنَ طَالِبًا
23 siswa
ثَلاَث وَعِشْرُوْنَ طالبةً
23 siswi
Keenam: Bilangan ratusan
مئة/مائة
Seratus
Aturanya:
a. Ma'dudnya harus Mufrod dan Majrur sebagai Mudhod Ilaih
عِنْدِي مِائَةُ/مِئَةُ كتابٍ
Aku memiliki 100 buku
عندي مِائَتَا/مِئَتَا كتابٍ
Aku memiliki 200 buku
Harus diingat bahwa hitungan 200 bentuknya Mutsana jadi hukum i'rabnya juga mengikuti yaitu rafa dengan Alif, Nashab dan Jar dengan Iya. Kemudian huruf ن dibuang karna Idhofat
حَضَرَ مِئَتَا طالبٍ
200 siswa telah hadir
شَاهَدْتُ مِئَتَي طالبٍ
Saya melihat 200 siswa
مَرَرْتُ على مِئَتَي طالبٍ
Saya melewati 200 siswa
b. Angka 100 jika menjadi Mudhof Ilaih bentuknya tetep Mufrod.
Contoh yang benar:
عندي خمسُمئَةِ/ خمسُمائَةِ كتابٍ
اشتريتُ خمسُمائَةِ كتابٍ
حصلت على خمسُمائَةِ كتابٍ
Tidak ditulis seperti ini
عندي خمسُ مئاتٍ كتابٍ
atau seperti ini:
عندي خمسُمئاتٍ كتابٍ
قال تعالى : ولبثوا في كهفهم ثلاث مئةِ سنينَ
ketujuh: Bilangan Ribuan:
ألْفٌ
Seribu
Aturanya:
a. Ma'dudnya harus Mufrod dan Majrur sebagai Mudhof Ilaih
عندي ألفُ كتابٍ
Aku memiliki 1000 buku
قرأتُ ألفَ كتابٍ
Aku telah membaca 1000 buku
Untuk 2000 sama seperti 200 bentuknya Mutsana 2. Hukum i'rabnya rafa dengan Alif, Nashab dan Jar dengan Iya. Kemudian huruf ن dibuang karna Idhofat
حَضَرَ ألْفَا طالبٍ
2000 siswa telah hadir
شاهدت أَلْفَي طالبٍ
Saya melihat 2000 siswa
مَرَرْتُ على أَلْفَي طالبٍ
Saya melewati 2000 siswa
b. Angka 1000 jika menjadi Mudhof Ilaih bentuknya Jamak beda dengan angka 100 yang Mufrod seperti keterangan diatas.
عندي خمسَةُ آلافِ كتابٍ
اشتريتُ خمسَةَ آلافِ كتابٍ
حصلت على خمسَةِ آلافِ كتابٍ
Kedelapan: Bilangan (‘Adad) dalam bentuk Tartibi ترتيبي
Bentuknya seperti ini:
أول - ثان - ثالث - رابع - خامس - سادس - سابع - ثامن - تاسع - عاشر
Aturanya:
a. Mengikuti wazan faa’il فاعل/فاعلة M’adudnya dengan 'Adad harus sama dari segi mudzakar dan muannastnya.
Contoh:
الرجل الأول
المرأة الأولى
الطالب الثاني
الطالبة الثانية
الزائر الثالث
الزائرة الثالثة
الفائز الرابع
الفائزة الرابعة
الدَّرْسُ الثَالِثُ
اليوم الحادى عشر
Hari ke11
الليلة الحادية عشرة
Malam ke11
اليوم الثاني عشر
Hari ke12
الليلة الثانية عشرة
Malam ke12
اليوم الثالث عشر
Hari ke13
الليلة الثالثة عشرة
Malam ke13
اليوم الرابع عشر
Hari ke14
الليلة الرابعة عشرة
Malam ke14
-----------------Dan seterusnya sampai angka 19
b. Untuk hitungan puluhan dalam kaidah Tartibi harus memakai ال makrifat.
اليوم الحادي والعشرون
الليلة الحادية والعشرون
اليوم الثاني والعشرون
الليلة الثانية والعشرون
اليوم الثالث والعشرون
الليلة الثالثة والعشرون
------------------Dan seterusnya sampai angka 99
Sekarang Kita perluasan ke masalah I'rab 'Adad.
Seperti halnya Isim, untuk 'Adad juga kedudukanya bermacam-macam, tergantung posisi dia didalam kalimat. Kadang Mubtada, Khobar, Maful Bih, dll.
Kita buat masing-masing contoh:
1. Dalam posisi sebagai Mubtada
عندي سبعُ سياراتٍ
2. Dalam posisi sebagai Khobar
عدد الطلاب سبعةٌ وثلاثون
3. Dalam posisi sebagai Fa'il
نجح خمسةُ وعشرون طالباً
4. Dalam posisi sebagai Naibul Fa'il
سُرِقَتْ خمسةُ سياراتٍ
5. Dalam Posisi sebagai Maful Bih
حفظتُ ثلاثةَ أجزاءٍ من القرآن الكريم
6. Dalam posisi sebagai Isim كان
كان خمسون طالبا ناجحين
7. Dalam posisi sebagai Khobar كان
كان سعرُ القَلاَمِ خَمسين روبيةً
8. Dalam posisi sebagai Isim إن
إن سبعة طلاب قد نجحوا
9. Dalam posisi sebagai Khobar إن
إن عددَ الحاضرين خمسةُ و عشرون
Bagaimana cara I'rabnya:
1. A'dad angka 2 seperti Mutsana, Rafa dengan Alif, Nashab dan Jar dengan Iya
جاء اثنان طالبان
رأيت اثنين طالبين
2. A'dad angka 3-10, Irabnya seperti Isim Mufrod yaitu Rafa dengan dhommah, Nashab dengan Fathah dan Jar dengan Kasrah
نجح ثلاثةُ طلابٍ
ثلاثةُ : فاعل مرفوع بالضمة
إن ثلاثةَ طلابٍ نجحوا
ثلاثةَ : اسم ان منصوب بالفتحة الظاهرة
نِمْتُ في ثلاثِ ساعاتٍ
ثلاثِ : مجرور بالكسرة
3. A'dad angka 11-19, Mabni Fathah baik didalam posisi Rafa, Nashab dan Jar. Kecuali angka 12 Hukumnya Mu'rab.
نجح خمسةَ عشرَ طالبا
Angka خمسةَ berharkat fathah meski berada diposisi Fa'il yang seharusnya Rafa, karena hukumnya Mabni Fathah. Begitu juga dengan kedua contoh dibawah, dalam posisi Nashab dan Jar
رأيتُ خمسةَ عشرَ طالبا
مررت بخمسةَ عشرَ طالبا
Untuk angka 12 I'raabnya tidak Mabny alias di'irab seperti Mutsana kecuali untuk tulisan عَشَرَ dalam angka 12 hukumnya Mabni Fathah.
Perhatikan contoh:
نجح اثنا عَشَرَ طالباًَ
نجحتْ اثنتا عَشْرَةَ طالباًَ
اثنا/ اثنتا : فاعل مرفوع بالألف ( عشر ) مبني على الفتح لامحل له من الإعراب
رأيتُ اثني عشرَ طالباًَ
رأيتُ اثنتي عَشْرَةَ طالباًَ
اثني/اثنتي : مفعول به منصوب بالياء ( عشرة ) مبني على الفتح لا محل له من الإعراب
4. 'Adad angka 20-90, Irabnya seperti Jamak Mudzakar Salim yaitu Rafa' dengan و ، Nashab dan Jar dengan ي kecuali anga 22,32,42,52,62,72,82,92 mengikuti Mutsana.
نَجَحَ ثلاثةُ و سبعون طالباً
ثلاثةُ : فاعل مرفوع بالضمة
سبعون : معطوف مرفوع بالواو
رأيتُ ثلاثةَ و سبعين طالباً
ثلاثةَ : مفعول به منصوب بالفتحة
سبعين : معطوف مجرور بالياء
مررتُ بثلاثةِ و سبعين طالباً
بثلاثةِ : مجرور بالكسرة
سبعين : معطوف مجرور بالياء
----------
نَجَحَ اثنان و سبعون طالباً
نَجَحَتْ اثنتان و سبعون طالبةً
اثنان / اثنتان : فاعل مرفوع بالألف
سبعون : معطوف مرفوع بالواو
رأيت اثني وسبعين طالبا
رأيت اثنتي وسبعين طالبةً
اثني / اثنتي : فاعل منصوب بالياء
سبعين : معطوف مجرور بالياء
5. 'Adad angka 100 dan 1000, Irabnya seperti Isim Mufrod yaitu Rafa dengan dhommah, Nashab dengan Fathah dan Jar dengan Kasrah
عندي مَائةُ روبيةٍ
مَائةُ : مبتدأ مرفوع بالضمة
أعْطيتُ صديقي مائةَ روبيةٍ
مائةَ : مفعول به ثان منصوب بالفتحة
اشتريت الكتاب بمائةِ روبيةٍ
بمائةِ : مجرور بالكسرة
جاء ألفُ طالبٍ
ألفُ: فاعل مرفوع بالضمة
رأيت ألفَ طالبٍ
ألفَ : مفعول به منصوب بالفتحة
اشتريت الكتاب بألفِ روبيةٍ
بألفِ : مجرور بالكسرة
------
Semoga bermanfaat.
Silahkan dishare digroup kesayangan Antum
Zizo
Tips Mahir Berbahasa Arab
https://bahasa-arab.com/kaidah-hitungan-dalam-bahasa-arab-adad-madud/
Kaidah Hitungan Dalam Bahasa Arab (‘Adad & M’adud)
Bilangan dalam bahasa arab disebut ‘Adad عدد dan yang dibilang disebut M’adud معدود
بسم الله الرّحمٰن الرّحيم
Pertama: Hitungan angka 1 & 2
Aturanya:
‘Adad dan Ma’dudnya harus sesuai dari segi Mudzakar dan Muannatsnya.
Contoh mudzakar:
طَالِبٌ وَاحِدٌ
Satu orang siswa
طَالِبَانِ اثْنَان
Dua orang siswa
Contoh Muannats:
طَالِبَةٌ وَاحِدَة
Satu orang siswa
طَالِبَتَانِ اثْنَتَان
Dua orang siswa
Kedua: Hitungan angka 3-10
Aturanya:
a. ‘Adad dan Ma’dudnya harus berlawanan dari segi mudzakar dan muannats
b. Ma’dudnya harus dirubah kedalam bentuk jamak dan kemudian diberi harokat jar dan bertanwin (jika tidak terdapat ال ) sebab kedudukanya menjadi mudhof ilaihi
c. Harokat ‘Adad (rafa,nasab,jar) kondisional sesuai kedudukanya.
Contoh:
ثَلاَثَةُ طُلاَّبٍ
3 siswa
ثَلاَثُ طَالِبَاتٍ
3 siswi
Keterangan: khusus dalam bilangan angka 8 terdapat 3 bentuk terkait huruf ي dalam ‘Adadnya.
a. Jika diidofatkan, huruf ي tetap ada tertulis contoh:
ثَمَانِي طَالِبَاتٍ / ثماني نساءٍ
b. Jika tidak diidhofatkan dan M’adudnya mudzakar, maka huruf ي tetep ada tertulis
Contoh:
لَعِبَ مِنَ الأَصْحَابِ ثَمَانِيَةٌ
c. Jika tidak diidhofatkan dan M’adudnya muannnats, maka huruf ي tetap ada ditulis untuk keadaan nasab lalu untuk keadaan rafa dan jar harus dibuang.
– Contoh keadaan nasab:
رَأَيْتُ مِنَ الطالبَاتِ ثَمانِيًا
– Contoh keadaan rafa:
ذَهَبَتْ من الطالبَاتِ ثَمَانٍ
– Contoh keadaan Jar:
مَرَرْتُ بِثَمَانٍ مِنَ الطالباتِ
Ketiga: Bilangan 11 & 12
Aturanya:
a. ‘Adad dengan Ma’dudnya harus sama dari segi mudzakar dan muannats
b. Harokat ‘Adad/angka pertama dan kedua harus nasab (fathah)sebagai apapun kedudukanya karena mabni kecuali harokat angka pertama dalam hitungan 12 ( yaitu angka 2 mengikuti hukum mutsana)
c. Ma’dudnya harus mufrod dan nasab sebagai Tamyiz
Contoh:َ
جاء أَحَدَ عَشَرَ طَالِبًا
Sebelas siswa telah datang
ًإِحْدَى عَشْرَةَ طَالِبَة
Sebelas siswi
اثْنَا عَشَرَ طَالِبًا
Duabelas siswa
اثْنَتَا عَشْرَةَ طَالِبَةً
Duabelas siswi
Keempat: Bilangan 13 sampai 19
Aturanya:
Angka pertama harus kontradiksi dengan Ma’dudnya dari segi mudzakar dan muannats
Contoh:
ثَلاَثَةَ عَشَرَ طَالِبًا
Tiga belas siswa
ثَلاَثَ عَشْرَةَ طالبة
Tiga belas siswi
Angka 3 dalam contoh ke1 dan 2 berlawanan dengan Ma’dudnya yaitu طَالِبًا dan طالبة Adapun angka عشرة mengikuti طَالِبًا dan طالبة
Kelima: Bilangan 20, 30,40,50,60 sampai 90 (puluhan)
Aturanya:
a. Contoh bilangan puluhan
Untuk Rafa:
عِشْرُوْنَ، ثلاثون, أربعون، خمسون، ستون، سبعون، ثمانون، تسعون
Untuk Nashab dan Jar:
عشرين، ثلاثين، أربعين، خمسين، dsb
b. Ma’dudnya harus mufrad dan nasab sebagai Tamyiz
Contoh:
جاء ثلَاَثُوْنَ طَالِبًا
Telah datang 30 siswa
رأيت ثلاثين طالبا
Saya melihat 30 siswa
Perhatikan kata طالبا Mufrod dan Nashab sebagai Tamyiz dari 'Adad puluhan.
c. Setiap bilangan puluhan jika di Athofkan dengan angka 1 dan 2 seperti 21.22. 31,32,41,42 dst
Maka aturanya angka 1&2 harus sama dengan Ma’dudnya dr segi mudzakar dan muannast seperti dalam hitungan 11 dan 12
Contoh:
21 siswa وَاحِد وعشرون طالبا
21 siswi ًاحدى و عشرون طالبة
22 siswa اثنان وعشرون طالبا
22 siswi ًاثنتان وعشرون طالبة
d. Setiap bilangan puluhan jika di Athofkan dengan angka 3 sampai 9 seperti 33,34,35 dst. Aturanya angka tersebut harus berlawanan dengan Ma’dudnya dr segi mudzakar dan muannas
Contoh:
ثَلاَثَة وَعِشْرُوْنَ طَالِبًا
23 siswa
ثَلاَث وَعِشْرُوْنَ طالبةً
23 siswi
Keenam: Bilangan ratusan
مئة/مائة
Seratus
Aturanya:
a. Ma'dudnya harus Mufrod dan Majrur sebagai Mudhod Ilaih
عِنْدِي مِائَةُ/مِئَةُ كتابٍ
Aku memiliki 100 buku
عندي مِائَتَا/مِئَتَا كتابٍ
Aku memiliki 200 buku
Harus diingat bahwa hitungan 200 bentuknya Mutsana jadi hukum i'rabnya juga mengikuti yaitu rafa dengan Alif, Nashab dan Jar dengan Iya. Kemudian huruf ن dibuang karna Idhofat
حَضَرَ مِئَتَا طالبٍ
200 siswa telah hadir
شَاهَدْتُ مِئَتَي طالبٍ
Saya melihat 200 siswa
مَرَرْتُ على مِئَتَي طالبٍ
Saya melewati 200 siswa
b. Angka 100 jika menjadi Mudhof Ilaih bentuknya tetep Mufrod.
Contoh yang benar:
عندي خمسُمئَةِ/ خمسُمائَةِ كتابٍ
اشتريتُ خمسُمائَةِ كتابٍ
حصلت على خمسُمائَةِ كتابٍ
Tidak ditulis seperti ini
عندي خمسُ مئاتٍ كتابٍ
atau seperti ini:
عندي خمسُمئاتٍ كتابٍ
قال تعالى : ولبثوا في كهفهم ثلاث مئةِ سنينَ
ketujuh: Bilangan Ribuan:
ألْفٌ
Seribu
Aturanya:
a. Ma'dudnya harus Mufrod dan Majrur sebagai Mudhof Ilaih
عندي ألفُ كتابٍ
Aku memiliki 1000 buku
قرأتُ ألفَ كتابٍ
Aku telah membaca 1000 buku
Untuk 2000 sama seperti 200 bentuknya Mutsana 2. Hukum i'rabnya rafa dengan Alif, Nashab dan Jar dengan Iya. Kemudian huruf ن dibuang karna Idhofat
حَضَرَ ألْفَا طالبٍ
2000 siswa telah hadir
شاهدت أَلْفَي طالبٍ
Saya melihat 2000 siswa
مَرَرْتُ على أَلْفَي طالبٍ
Saya melewati 2000 siswa
b. Angka 1000 jika menjadi Mudhof Ilaih bentuknya Jamak beda dengan angka 100 yang Mufrod seperti keterangan diatas.
عندي خمسَةُ آلافِ كتابٍ
اشتريتُ خمسَةَ آلافِ كتابٍ
حصلت على خمسَةِ آلافِ كتابٍ
Kedelapan: Bilangan (‘Adad) dalam bentuk Tartibi ترتيبي
Bentuknya seperti ini:
أول - ثان - ثالث - رابع - خامس - سادس - سابع - ثامن - تاسع - عاشر
Aturanya:
a. Mengikuti wazan faa’il فاعل/فاعلة M’adudnya dengan 'Adad harus sama dari segi mudzakar dan muannastnya.
Contoh:
الرجل الأول
المرأة الأولى
الطالب الثاني
الطالبة الثانية
الزائر الثالث
الزائرة الثالثة
الفائز الرابع
الفائزة الرابعة
الدَّرْسُ الثَالِثُ
اليوم الحادى عشر
Hari ke11
الليلة الحادية عشرة
Malam ke11
اليوم الثاني عشر
Hari ke12
الليلة الثانية عشرة
Malam ke12
اليوم الثالث عشر
Hari ke13
الليلة الثالثة عشرة
Malam ke13
اليوم الرابع عشر
Hari ke14
الليلة الرابعة عشرة
Malam ke14
-----------------Dan seterusnya sampai angka 19
b. Untuk hitungan puluhan dalam kaidah Tartibi harus memakai ال makrifat.
اليوم الحادي والعشرون
الليلة الحادية والعشرون
اليوم الثاني والعشرون
الليلة الثانية والعشرون
اليوم الثالث والعشرون
الليلة الثالثة والعشرون
------------------Dan seterusnya sampai angka 99
Sekarang Kita perluasan ke masalah I'rab 'Adad.
Seperti halnya Isim, untuk 'Adad juga kedudukanya bermacam-macam, tergantung posisi dia didalam kalimat. Kadang Mubtada, Khobar, Maful Bih, dll.
Kita buat masing-masing contoh:
1. Dalam posisi sebagai Mubtada
عندي سبعُ سياراتٍ
2. Dalam posisi sebagai Khobar
عدد الطلاب سبعةٌ وثلاثون
3. Dalam posisi sebagai Fa'il
نجح خمسةُ وعشرون طالباً
4. Dalam posisi sebagai Naibul Fa'il
سُرِقَتْ خمسةُ سياراتٍ
5. Dalam Posisi sebagai Maful Bih
حفظتُ ثلاثةَ أجزاءٍ من القرآن الكريم
6. Dalam posisi sebagai Isim كان
كان خمسون طالبا ناجحين
7. Dalam posisi sebagai Khobar كان
كان سعرُ القَلاَمِ خَمسين روبيةً
8. Dalam posisi sebagai Isim إن
إن سبعة طلاب قد نجحوا
9. Dalam posisi sebagai Khobar إن
إن عددَ الحاضرين خمسةُ و عشرون
Bagaimana cara I'rabnya:
1. A'dad angka 2 seperti Mutsana, Rafa dengan Alif, Nashab dan Jar dengan Iya
جاء اثنان طالبان
رأيت اثنين طالبين
2. A'dad angka 3-10, Irabnya seperti Isim Mufrod yaitu Rafa dengan dhommah, Nashab dengan Fathah dan Jar dengan Kasrah
نجح ثلاثةُ طلابٍ
ثلاثةُ : فاعل مرفوع بالضمة
إن ثلاثةَ طلابٍ نجحوا
ثلاثةَ : اسم ان منصوب بالفتحة الظاهرة
نِمْتُ في ثلاثِ ساعاتٍ
ثلاثِ : مجرور بالكسرة
3. A'dad angka 11-19, Mabni Fathah baik didalam posisi Rafa, Nashab dan Jar. Kecuali angka 12 Hukumnya Mu'rab.
نجح خمسةَ عشرَ طالبا
Angka خمسةَ berharkat fathah meski berada diposisi Fa'il yang seharusnya Rafa, karena hukumnya Mabni Fathah. Begitu juga dengan kedua contoh dibawah, dalam posisi Nashab dan Jar
رأيتُ خمسةَ عشرَ طالبا
مررت بخمسةَ عشرَ طالبا
Untuk angka 12 I'raabnya tidak Mabny alias di'irab seperti Mutsana kecuali untuk tulisan عَشَرَ dalam angka 12 hukumnya Mabni Fathah.
Perhatikan contoh:
نجح اثنا عَشَرَ طالباًَ
نجحتْ اثنتا عَشْرَةَ طالباًَ
اثنا/ اثنتا : فاعل مرفوع بالألف ( عشر ) مبني على الفتح لامحل له من الإعراب
رأيتُ اثني عشرَ طالباًَ
رأيتُ اثنتي عَشْرَةَ طالباًَ
اثني/اثنتي : مفعول به منصوب بالياء ( عشرة ) مبني على الفتح لا محل له من الإعراب
4. 'Adad angka 20-90, Irabnya seperti Jamak Mudzakar Salim yaitu Rafa' dengan و ، Nashab dan Jar dengan ي kecuali anga 22,32,42,52,62,72,82,92 mengikuti Mutsana.
نَجَحَ ثلاثةُ و سبعون طالباً
ثلاثةُ : فاعل مرفوع بالضمة
سبعون : معطوف مرفوع بالواو
رأيتُ ثلاثةَ و سبعين طالباً
ثلاثةَ : مفعول به منصوب بالفتحة
سبعين : معطوف مجرور بالياء
مررتُ بثلاثةِ و سبعين طالباً
بثلاثةِ : مجرور بالكسرة
سبعين : معطوف مجرور بالياء
----------
نَجَحَ اثنان و سبعون طالباً
نَجَحَتْ اثنتان و سبعون طالبةً
اثنان / اثنتان : فاعل مرفوع بالألف
سبعون : معطوف مرفوع بالواو
رأيت اثني وسبعين طالبا
رأيت اثنتي وسبعين طالبةً
اثني / اثنتي : فاعل منصوب بالياء
سبعين : معطوف مجرور بالياء
5. 'Adad angka 100 dan 1000, Irabnya seperti Isim Mufrod yaitu Rafa dengan dhommah, Nashab dengan Fathah dan Jar dengan Kasrah
عندي مَائةُ روبيةٍ
مَائةُ : مبتدأ مرفوع بالضمة
أعْطيتُ صديقي مائةَ روبيةٍ
مائةَ : مفعول به ثان منصوب بالفتحة
اشتريت الكتاب بمائةِ روبيةٍ
بمائةِ : مجرور بالكسرة
جاء ألفُ طالبٍ
ألفُ: فاعل مرفوع بالضمة
رأيت ألفَ طالبٍ
ألفَ : مفعول به منصوب بالفتحة
اشتريت الكتاب بألفِ روبيةٍ
بألفِ : مجرور بالكسرة
------
Semoga bermanfaat.
Silahkan dishare digroup kesayangan Antum
Zizo
Tips Mahir Berbahasa Arab
https://bahasa-arab.com/kaidah-hitungan-dalam-bahasa-arab-adad-madud/
4 komentar:
رأيتُ ثلاثةَ و سبعين طالباً
ثلاثةَ : مفعول به منصوب بالفتحة
سبعين : معطوف مجرور بالياء
masa majrur sab'ina?
Itu mansub bil ya'
شكرا جزك الله
Kamaiat yg jatuh setelah adad murakab dan atop kedudukannya JD apa..?
Posting Komentar
Silahkan tulis komentar Anda !